Software Olah Data

Banyak software dengan fungsinya masing-masing. Pada saat ini saya akan menampilkan beberapa software yang bisa digunakan dalam pengolahan data, khususnya untuk ilmu-ilmu sosial ekonomi pertanian. Beberapa software dimaksud adalah:

1. Front41

Program ini digunakan untuk mencari parameter dengan menggunakan pendekatan maximum likelihood estimates (MLE) dari berbagai fungsi produksi frontir stokastik maupun fungsi biaya; dan mengestimasi efisiensi teknik dan biaya baik secara rata-rata maupun individual. Silakan unduh program ini di sini.

2. DEAP 2.1

Program ini digunakan untuk mengkonstruksi data envelopment analysis (DEA) frontir untuk menghitung efisiensi teknik dan efisiensi biaya; juga untuk menghitung Indeks Total Factor Production (TFP) Malmquist. Silakan unduh program ini di sini.

3. TFPIP

Program ini digunakan untuk menghitung indeks Produktivitas Faktor Total (Total Factor Productivity) dengan menggunakan indeks Tornqvist and Fisher. Silakan unduh program ini di sini.

4. DPIN

Program ini digunakan untuk menghitung indeks TFP dan mendekomposisikannya ke dalam perhitungan untuk mengukur perubahan teknik, dan juga untuk mengukur perubahan teknik, skala dan efisiensi campuran (mix efficiency).  Software ini dapat digunakan apabila tidak tersedia data harga. Program ini dapat digunakan untuk menganalisis perusahaan dengan banyak imput dan banyak output pada berbagai lingkungan pemasaran. Silakan unduh program ini di sini.

196 responses to “Software Olah Data

  1. software untuk ngitung efisiensi boiler ada gag?

  2. Mau menganalisis efisiensi apa? SPSS bisa digunakan untuk analisis efisiensi ekonomis, sedangkan front41 bisa digunakan untuk analisis efisiensi teknik

  3. Mas Agus sy mau nanya hasil dari data envelopment analysis bisa digunakan dengan statistik tidak ? Terima Kasih

  4. Mas Agus nanya lg nih, klo boleh tahu penyebabnya knp ya DEA tdk bs dianalisis lbh lanjut dgn statistik. Terima Kasih Sebelumnya.

  5. Mas Ahmad: coba dikonsultasikan sama dosen ekonometrika di kampus anda. Sukses ya…

  6. Mas, mau tanya. saya awalnya ingin mencari persentase tingkat efisiensi beberapa objek, dengan menggunakan software DEAOS (DEA Online Software) tapi ternyata software tsb berbayar. yang saya tanyakan, software apa selain DEAOS yang bisa menghitung persentase efisiensi kinerja dari suatu objek, (perusahaan misalnya). mohon bantuannya mas…😥
    thanks

  7. Mas Adhi: coba gunakan Banxia Frontier Analysis (BFA) dan Warwick for Data Envelopment Analysis (WDEA). Selain itu bisa dicoba digunakan DEAP 2.1 yang sudah saya postingkan link downloadnya di atas. Ada juga DEA Excel Solver 1.0, yang dapat diunduh di: http://www.deafrontier.net/free_dea/index.html. Semoga bisa memberi solusi..

  8. Apa software2 yg disebutkan itu outputnya berupa persentase efisiensi? soalnya stlh saya baca manual untuk DEAP, hasilnya berupa koefisien antara 0 s.d 1, sdgkn yg saya butuhkan berupa output dlm bentuk persentase dan yg bisa menunjukkan efisiensi lbh dari 100% (dlm DEAOS disebut model Super Eficiency).

  9. Bagaimana cara penggunaan Excel Solver untuk menyelesaikan persamaan seperti berikut ini?

    Maximize 9694440y1+0,0572y2
    Subject to
    9694440y1+0,0572y2-0,5317×1-998,07×2-0,0490×3-0,6135×4≤0
    12674580y1+0,0574y2-0,5498×1-625,45×2-0,0416×3-0,7900×4≤0
    13016400y1+0,0538y2-0,5093×1-569,40×2-0,0445×3-0,8891×4≤0
    13107180y1+0,0564y2-0,4281×1-4815,39×2-0,1321×3-0,8153×4≤0
    20195660y1+0,0593y2-0,4219×1-4321,60×2-0,1652×3-0,6428×4≤0
    0,5317×1+998,07×2+0,0490×3+0,6135×4=1

    persamaan tersebut adalah persamaan untuk mencari efisiensi dengan DEA super eficiency, tp saya benar2 bingung bgmn cara menyelesaikannya dengan excel solver. mohon bantuannya mas..

  10. saya meneliti kinerja keuangan bank konvensional dan bank syarih dengan menggunakan DEA, akan tetapi saya masih binngung untuk menggunakan tahap awal DEA mohon dijelaskan sedikit🙂

  11. coba didownload dulu program DEAP 2.1 terus diekstrak. Pelajari file excell yang disertakan dalam program itu. yang juga tidak kalah pentingnya pelajari file dta (data yang akan dianalisis) dan ins (instruksi untuk menjalankan program). Kalau sudah paham baru dibuka program DEA nya, tinggal ketik nama file ins yang sudah dibuat dan enter. GBU..

  12. mas, saya mau tanya, stelah saya instal Dosbox dan DEAP 2.1 da n sudah sampai langkah buka aplikasi dosbox, kemudian saya ketik mount g D:D\DEAP\ tapi jawabannya: Directory D: DEP doesnt exist padahal saya sudah copykan ke drive D. dan sy coba ganti ke drive lain f C, c D jawabanjuga sama apa yang musti dilakukan. terima kasih.

    • hal yang sama juga terjadi pada saya. apakah mas Jafrizal sudah menemukan solusinya? saya jg sdg melakukan penelitian efisiensi. mohon bimbingannya jg mas gusyun.

      • Mbak Dilla, utk melakukan analisis efisiensi jg bisa menggunakan software LINDO, LINGO. Mungkin bisa dicoba daripada stuck dengan software DEAP.

  13. DEAP Yang di download itu dalam bentuk winrar ya???

  14. mas agus, ada modul untuk mengoperasikan sofware front41 ngak mas? kebetulan saya lagi mau olah data terkait dengan efisiensi bank menggunakan software ini..tks banyak mas.. atau kalo ada pekatihan dimana saya bisa daftar mas.?

    • Saya dulu ngitung efisiensi pake software LINDO. Software lain yg bisa dipake namanya LINGO. Silakan didonlot

    • Coba diekstrak dulu Front41 menggunakan winrar atau winzip, nanti akan terlihat file Front41.pdf yang merupakan guide dalam menggunakan aplikasi Front41

  15. masih belum bisa, apa salah dalam buat file data ya. data saya buat dalam .TXT dan data instruksinya juga dalam txt. setelah buka daep dan mau run sy tulis data-ins.txt tapai tdk terbaca ada pa gerangan… apa sy bisa hub lewat telpon. sms ke hp 08127882877. tq

    • File yang berisi data (dta) dan instruksi (ins) dibuat menggunakan notepad. Nama file cukup dituliskan, misalnya “jaf-dta” dan “jaf-ins” tanpa menggunakan “txt”, misalnya “jaf-dta.ttxt”; karena otomatis itu merupakan text document. Berdasarkan pengalaman, nama file jangan terlalu panjang, cukup 3-4 huruf/angka, misalnya “jaf-dta” dan “jaf-ins”. Saya pernah mengalami hal serupa dengan menggunakan nama file yang lebih dari 4 huruf/angka ternyata tidak bisa dieksekusi. Setelah nama file saya bikin dalam 3 huruf/angka baru bisa dieksekusi dengan menggunakan aplikasi itu.

  16. terima kasih mas gusyus, sy akan coba..

  17. mas Agus saya mau tanya langkah2 menggunakan Banxia Frontier Analysis
    saya sudah memiliki data input dan output yg akan saya olah. setelah membuat new project lalu bgmn memasukan input dan outputnya.
    Terima kasih.

  18. olah data tesis bgm Gus,pakai program spss ada panduannya?tks

  19. maaf, olah data tesis bagaimana Gus, pakai spss itu ada panduan dan programnya?

  20. Mas agus, jika data yang dianalsa minus, apakah masih valid untuk analisa DEA ?
    Saya coba menggunakan DEAP2.1 tetapi hasilnya aneh

  21. maaf mas mau tanya punya link download untuk aplikasi LIMDEP gak?

  22. Mas,saya mau minta modul LIMDEP untuk discrete choice ada g?

  23. Kalau ada modul LIMDEP untuk discrete choice yang urut mohon dikasih link downloadnya ya mas agus. Nanti akan saya downlad, terimakasih

  24. maaf pak mau tanya, cara nginstal dan mengoperasikan software frontier bagaimana ya pak? mohon bantuan tutorialnya pak, saya tidak bisa pak😀. terimakasih sebelumnya pak

    • frontier tidak perlu diinstal, cukup klik 2x pada file front41 (application). Didalam program front41 itu ada file front41.pdf. baca saja petunjuknya.

  25. maaf pak, kalo mau download Warwick for Data Envelopment Analysis (WDEA) gimana ya? trus bedanya sama DEAP 2.1 apa? trimakasih

  26. malam pak, saya masi bingung bedanya MaxDea, WDEA, Banxia… bole kirimin software WDEA ke email saya pak… riskalaila80@yahoo.co.id , terima kasih

  27. mas ada buku panduan DEAP 2.1 ngak ?

  28. mas, cara setting maximize output atau minimize input di WDEA gimana ya caranya? hatur nuhun

  29. download software WDEA di mana ya mas ? buat skripsian nh mas, tolong ya

  30. mas, saya sedang menganalisis ttg efisiensi teknis dengan frontier, tp saya bingung saat memasukkan data di excell apa harus di logaritmakan dlu ya sebelum diolah di frontier, caranya gimana ya mas? mohon bantuannya mas

  31. outputnya tidak mau kluar mas, saya bingung kira2 salah nya dimana ya?
    prasaan langkah2 nya sudah saya ikuti dg benar.

  32. mas, sebelum dimasukkan ke frontier apakah data harus di uji regresi dhulu? utk melihat apakah ia multikolinieritas atau gak…mohon bantuannya?
    saya nganalisis efsiensi teknis dg frontier 4.1 mksh..

    • Untuk memperoleh model yang bagus memang seharusnya diuji dulu apakah model tersebut terdapat penyakit regresi. Namun jika dirasa bahwa semua input harus dimasukkan untuk menghindari kesalahan dalam spesifikasi model karena secara teoritis input harus dimasukkan (misalnya), maka tidak perlu diuji. Sukses ya

  33. pak mau tanya, bagaimana cra mngatasi multikolinieritas pada saat pengujian?
    apa saja penyebab adanya multikolinieritas pada model?
    makasih

    • Ada beberapa penyebab multikolinearitas, misalnya: (1) Kesalahan teoritis dalam pembentukan model yang digunakan atau memasukkan variabel bebas yang hampir sama atau bahkan sama, dan (2) Kurangnya jumlah pengamatan.
      Cara mengatasi antara lain: (1) Mengeluarkan satu atau lebih variabel bebas penyebab multiolinearitas yang mempunyai nilai korelasi sederhana relatif tinggi, (2) Penambahan data baru, (3) Menggabungkan data cross section dan data time series (data panel), dan (4) Jika menggunakan SPSS pilih metode stepwise/backward/forward.

  34. pak, mau tnya lagi..
    saya sudh memasukkn dta ke frontier, tapi output tdk mau keluar knp ya?
    padahal sy sudah menamai file sya dg 3 hruf saja tnp txt..apakh angka dibelakang koma berpengaruh? angka sya dibelakang koma ada 9 angka..
    mksih

    • 9 angka di belakang koma tetap bisa dieksekusi. Coba dicek kembali di file data (dta) dan file instruksi (ins) mungkin ada yang salah.
      Nama file memang tidak menggunakan txt, misal sep-dta (untuk file data) dan sep-ins (untuk file instruksi).
      Namun saat menggunakan aplikasi front41 harus ditulis txt. Misal, Septie membuka front41 dan memilih f (menggunakan file instruksi), maka harus diketik sep-ins.txt (menggunakan txt).

  35. Mas Agus, Mohon info software untuk DEA bootstrap, yang digunakankan oleh Simar dan wilson (2007), ada gak yang bisa mohon info?

  36. saya menggunakan DEA untuk analisis skripsi saya. tapi saya bingung untuk memulai program DEA tsb. bagaimana cara memasukkan data ke dalam program DEA?? pilihan yang ada salam program DEA yang saya gunakan hanya ada “open”, “save as”, “import”… mohon bantuannya yaaa semuaa…

  37. Mas gusyun, terima kasih sebelumnya krn saya banyak terbantu dari postingan ini untuk menyelesaikan skripsi saya🙂 dan skrg saya mau tanya lg. Apa Mas Gusyun tau/punya ebook ttg interpolasi dan penggunaannya? Untuk menambah referensi saya mas. Terima kasih

  38. mas bisa dikirimin program Banxia Frontier Analysis ke wahyudi.prayitno@gmail.com makasi ma

  39. maaf pak. . . numpang tnya. . sya mngolah dta dngan software frontier tpi knpa output.x g kluar ya. . . kyk.x sya sdah mngikuti langkah2.nya. . . mhon bntuan.x. . . trima ksih

  40. software untuk menghitung efisiensi performance broiler ada tidak ya pak?

  41. mas saya baru sekali dan belum pernah mengetahui software analisis untuk efisiensi DEA , saya sekarang sedang berusaha secara otodidak untuk paham DEA for excell mas,cm saya masih belum paham-paham juga.kira-kira ada tutorial yang mudah dipahami atau instruksi penggunaannya ngga mas. saya sedang mengerjakan analisis efisiensi bank dengan metode DEA untuk skripsi saya mas. mohon bantuannya saya stuck sekali .. trimakasih mas

  42. mas numpang tanya saya ingin menggunakan fronier untuk menganalisis translog cost function, tetapi saya bingung bagaimana tahapan format input datanya dan komen perintahnya, karena dimanualnya tidak ada contohnya
    terima kasih

  43. mas tapi ini saya membutuhkan analisis translog cost functionnya untuk data panel yang menampilkan analisis tiap koefisien per variabel per cross section per waktu, untuk digunakan dalam hitungan lerner index mas, beberapa jurnal yang saya baca mengolah dengan frontier . tetapi di manual frontier tidak ada yang tutorial step untuk tranlog cost function nya mas
    mohon bantuanya, terima kasih

  44. mas. saya menggunakan frontier, outputnya tidak bisa di baca. nilai koefisien dengan t ratio sama . sya harus gimana ya mas. mohon bantuannya

  45. mas, bisa bantu saya menggunakan aplikasi frontier untuk menganalisi efisiensi teknis? tolong hubungi di tika2347@yahoo.co.id maksi

  46. mas, mau nanya
    apakah di sofware frontier bisa untuk mencari fungsi biaya?
    terus caranya gimana?
    tolong hubungi deeah.p@gmail.com
    terima kasih

    • software front41 bisa digunakan untuk analisis fungsi biaya. langkah-langkah dalam menganalisis fungsi biaya dengan menggunakan software front41 sudah saya email ke alamat email tersebut. semoga sukses…

  47. mas, mau tanya apakah di sofware frontier bisa untuk analisis faktor2 yang mempengaruhi efisiensi teknis dan faktor2 yang mempengaruhi produksi? terimakasi mas maaf merepotkan.

    • Software Front41 bisa digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap produksi karena efisiensi teknis merupakan hubungan teknis antara input dengan output. Dengan kata lain, data yang diinput adalah jumlah output dan input, sehingga akan diperoleh persamaan regresi fungsi produksi frontier stokastik. Pada hasil pengolahan data dengan Front41 pertama kali akan terlihat persamaan regresi dengan OLS, dan kedua dengan MLE. Biasanya digunakan hasil yang MLE.
      Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap efisiensi teknis merupakan analisis lanjutan dengan menggunakan software lain (misalnya SPSS), dimana data yang diinput berupa efisiensi teknis yang diperoleh dari pengolahan data dengan Front41 (variabel terikat, Y), sedangkan variabel bebasnya (Xi) tergantung variabel apa saja yang dimasukkan ke dalam model persamaan.

  48. nadia agustinamore

    Saya sekarang sedang melakukan penelitian skripsi dengan metode stochastic frontier approach yg menghitung deviasi dari fungsi profit yg diestimasi dgn profit frontiernya dahulu. Karena saya belum mengerti dengan software frontier, saya akalin dengan mencari nilai data laba perusahaan bank nya, kemudian saya log dan saya hitung dari excel maka ketemu persen nya. Tetapi masalahnya nanti penelitian saya tdk ada perhitungan yg hubungannya dengan SFA nya. Bagaimana ya mas menggunakan software frontier ini buat pemula seperti saya? Terimakasih

    • Sebenarnya di dalam software front41 tersebut sudah ada manual penggunaannya, namun jika masih mengalami kendala dalam penggunaannya silakan tulis emailnya nanti saya kirimkan cara penggunaan front41 tersebut.

  49. Pak Agus,
    saya sedang mengolah data menggunakan Frontier 4.1 dan sudah mengikuti tahap2 yg sudah bpk jelaskan, tp output-nya tidak keluar. saya bisa minta tolong utk dilihat apakah proses yg saya lakukan benar atau tidak? terima kasih

  50. Mas agus, saya mau tanya. Apakah DEA CRS input oriented hasil dmu yg tidak efisien, antara original value & projected valuenya itu harus sama untuk outputnya ? Saya run hasil dengan deap

  51. IndrayantiRina

    Pak saya sudah download DEAP versi 2, saya sudah menuliskan perintah seperti yang terdapat ditutorial yaitu dengan mengetik instruksi/command berupa nama file instruksi-ins atau dlm tutorial disebutkan agar diganti dng -cmd. Tapi mengapa hasilnya hanya berupa file yang bernama sama dng file instruksi dan kosong tidak berisi apa apa.kesalahan ada dimana pak? Terima kasih.

    • Cara paling mudah adalah copas file dta dan ins yang ada dalam folder DEAP-xp1, kemudian diganti nama file tersebut. Berdasarkan pengalaman nama file jangan panjang, sebaiknya maksimal 4 huruf.
      – Ganti nama file data (misal: rina-dta), kemudian buka file data tersebut dan copas data penelitian Rina dari excel, kemudian disave dan ditutup.
      – Ganti nama file instruksi (misal: rina-ins), kemudian buka file ins tersebut dan diganti beberapa info sbb: “data file name” diganti dengan nama file dta yang baru (rina-dta), “output file name” diganti sesuai dengan nama file dta dan ins (misal: rina-out), kemudian diganti “number of firms”, “number of time periods”, “number of outputs” dan “number of inputs” (diganti sesuai dengan data penelitian Rina). Selanjutnya disave dan ditutup.
      – Selanjutnya buka aplikasi DEAP, dan pada perintah “enter instruction file name” ditulis “rina-ins.txt” (tanpa tanda kutip, dan jangan lupa menuliskan txt).
      Jika masih menemui kendala coba diemail datanya ke gusyun69@gmail.com. Semoga berhasil.

  52. Mas Gusyun, saya sudah mengirim email kepada Mas, mengenai kendala yang saya dapatkan ketika berusaha me-run data di MaxDEA dan Frontier 4.1…. Semoga berkenan membalas

  53. Mas Guyun, saya masih bingung dengan manual frontier 4.1 yg ada di file tsb. Jika berkenan, tolong kirimkan file tentang penggunaan frontier 4.1 tersebut ke email saya afriyanti_hasanah@yahoo.com

    Terimakasih banyak sebelumnya atas bantuannya mas..

  54. pak saya sdh dowlod aplikasi wdea dan deap tapi tdk bisa d instal k laptop saya mhn penjelasan dan panduannya bisa di email ke saifulb223@gmail.com

  55. Pak, saya menggunakan software DEAP 2.1 jika data yang minus apakah software tidak bisa memproses data? atau ada cara lain supaya data minus tersebut tetap dpt terkalkulasi oleh software? Terima Kasih

  56. entry data menggunakan MS-Excel. Data output dimasukan dulu baru data input. MS-Excel disetting pada menu Format Cell, pilih number lalu OK. jadi pada saat memasukkan data bernilai minus bisa dibaca oleh MS-Excel. Selanjutnya copas data dari MS-Excel tersebut ke notepad. Cara yang lebih mudah adalah copas file data (dta) dan instruksi (ins) yang sudah ada di software DEA 2.1, ganti nama file, kemudian copas data ke file data (dta) yang sudah diganti namanya tersebut. Selanjutnya buka file instruksi yang sudah diganti namanya, selanjutnya ubah parameter yang ada di file tersebut. Tinggal buka file aplikasi DEAP. Jika masih ada kesulitan silakan kirimkan datanya ke email saya gusyun69@gmail.com. Semoga sukses

  57. maaf semua dimna bisa sya dapatkan alamata untuk download aplikasi free software frontier 4.1 ya.

  58. tolong. tolong bagaimana gunakan frontier 4.1. sy blm tau mengoperasionalkan. klu bs dikirim ke mail christoporus70@yahoo.com. sekaligus belajar menggunakannya. makasih

  59. Sintia Putri Pradita

    Mas, mohon bantuannya. Saya sudah paham dengan hasil yang dikeluarkan software, tapi saya pusing dengan cara perhitungan manualnya. Bolehkah saya minta contoh perhitungan manual efisiensi ? terima kasih

  60. Sintia Putri Pradita

    Maksud saya perhitungan manual DEA dengan VRS orientasi input. Terima kasih

  61. febi gustiyani

    pak saya ingin bertanya , langkah-langkah perhitungan manual untuk stokastik frontier analysis itu sendiri seperti apa ?
    saya ingin menyamakan hasil sofware dengan hasil manualnya. jika berkenan tolong jelaskan ke email saya febibiie@gmail.com .
    terimakasih sebelumnya

  62. maaf mas gusyun,sya sdh instal tpi hanya muncul tmpilan warna hitam dan tulisan warna putih. apakah sya yg menginstal atwkah ada tutorial lain?? tolong infonya mas .email sya . kulepong@gmail.com …tlong ya mas gusyun.mkasih

    • sudah saya email. semoga sukses..

      • delvi Suleman

        Ass.mas gusyun.Alhamdulillah sya sdh bisa mengoperasikan frontier.tpi sya.blum terlalu.paham dgn inti dari permasalahan yg menggunakan frontier.saat sya sdg menyusun tesis.judul saya adalah analisis efisiensi usahatani padi sawah berdasarkan penguasaan lahan.yg akan sya cari adalah efisiensi teknis,alokati. Awalnya saya menggunakan cobb douglas.,,tpi pembimbing mengganti dgn menggunakan.frontier saja. Klw frontier sya tdk terlalu paham dgn urutan mencarinya.klw.coc.douglas sya paham.tolong bantuannya.

  63. febi gustiyani

    pa agus mau tanya lagi, untuk menghitung efisiensi teknis selain menggunakan sofware frontier, bisa pakai sofware apa lagi? yang pada akhirnya akan dianalisis dengan statistika. kalau ada minta linknya .mkasih pa

  64. Maaf pak, sya mw nanya, kan penelitian saya menguji alternatif profit efficiency pada bank, kira2 bsa pakai frontier 4.1 gak untuk estimasinya? Soalny yg saya baca di guide nya cman mengestimasi efisiensi produksi dan biaya. Kmudian frontier ini untuk pengujian sfa pendekatan one stage atw two stage? Atw bsa dua2 nya? Trima ksih untuk jwabannya. Mohon di bantu skripsi di kejar deadline 😊

  65. pak agus, saya mau tanya, penelitian saya menguji efisiensi distribusi pemasaran pada salah satu perusahaan makanan, tapi saya masih bingung menggunakan software banxia frontier atau lindo. nah perbedaan kedua software tersebut apa sih pak? trus kelebihan sama kekurangannya apa? menurut bapak sebaiknya saya pakai software yang mana? soalnya masih awam bgt dengan metode DEA. jadi bener2 belajar dari nol. mohon bantuannya ya pak

  66. pak agus saya mau tanya apakah ada software dea bootstraping yang free?

  67. mas agus, bisa tolong kirimkan tutorial frontier 4.1 ini? saya sudah coba ngikutin instruksi nya tapi outputnya gak keluar. ziatifany@gmail.com terimakasih mas🙂

  68. mas agus, kalo frontier 4.1 ini bisa ngitung efisiensi produksi? saya bingung beda efisiensi produksi dengan efisiensi ekonomi

  69. Oke pak terimakasih, pak mau tanya lagi ya.. kan saya pakai input dan outputnya lebih dari satu, trus saya baca-baca dari jurnal, setiap variabel input dan output sebelun dihitung dengan software, dikalikan dengan bobot, nah cara nyari bobot itu gimana ya pak?
    terimakasih pak

  70. pak, saya masih bingung cara menggunakan frontier sama dea di yg manual, mohon bantuannya pak ke email saya raihaneye@gmail.com

  71. bisa kirim cara mengunakan frontier mas . ini email saya nomor81@yahoo.co.id … saya kesulitan mas.. ty

  72. asalamualaikum, maaf mas gusyun. sya masih binggung dgan penjelasas fungsi produksi. inefisiensi yg akan digunakan itu apakah peneliti yg mencari tahu dluan atau inefisiensi ada ketahuan setelah didapatkan dri outputnya. tolong pencerahannya. sya di haruskan pembimbing untuk pakai frontier sja.

    • alaikumsalam. inefisiensi dapat dihitung jika kita sudah memperoleh nilai efisiensi. nilai efisiensi ditambah inefisiensi sama dengan 1. jika nilai efisiensi sama dengan 1, maka nilai inefisienya sama dengan 0. misal, kita memperoleh nilai efisiensi sebesar 0,80; maka nilai inefisiensinya adalah 0,20.

  73. mas gusyun.dmana buku yg bisa sya dpatkan tentang frontier stochastic

  74. OLAH DATA SEMARANG

    Olah Data Semarang Biro Jasa Olah Data Statistik, Timbul Widodo (HP. 08995503316) Jasa Olah Data SPSS dan analisis penelitian skripsi, tesis, disertasi dengan Program SPSS, Eviews, SEM, AMOS, LISREL, SMARTPLS, WDEA, WINDEAP, NCSS dan STATA di daerah Semarang. Merupakan Jasa Olah Data Statistik SPSS, Eviews, SEM, AMOS, LISREL, SMARTPLS, WINDEAP, NCSS, MINITAB dan STATA Terpercaya, Bantuan Olah Data Penelitian dengan Program SPSS, Eviews, SEM, AMOS, LISREL, SMARTPLS, WINDEAP, NCSS, MINITAB dan STATA, Jasa Olah Data Kunatitafit dengan Software SPSS, 22 Eviews 9, SEM, AMOS, LISREL, SMARTPLS WDEA, WINDEAP, NCSS, MINITAB dan STATA.

  75. pak, saya juga frontier saya juga tidak keluar outputnya. mohon bantuannya juga pak ke email saya raihaneye@gmail.com

  76. mas gusyun boleh minta tutorial penggunaan frontier yg mudah dipahami, makasih adithyaprastyo@gmail.com

  77. Saya unduh front 41 nya ..

  78. Olah Data Semarang

    TERIMA OLAH Data Envelopment Analaysis (DEA)
    Software Warwick Windows DEA atau populer dengan W-DEA.
    Timbul Widodo HP. 08995503316

  79. Assalamualaikum Pak, saya ingin bertanya, sudah berkali-kali saya coba menggunakan frontier 4.1, tapi masih belum bisa keluar hasil outputnya, kira-kira apa ya penyebabnya? dan adakah software lain utk SFA?, kebetulan penelitian saya ttg efisiensi biaya menggunakan SFA
    sekian dan terima kasih, mohon saran dan bantuannya Pak

  80. Mas gusyun sy boleh mnta panduan yg mudah dimengerti ttg DEA
    Soalnya sy msh belum paham sm skali
    Sy sdh kirim ke email mas gusyun
    Mohon bantuannya iya mas gusyun

  81. pak, maaf ma tanya, saya sudah download aplikasi frontier 41, selanjutnya bagaimana ya pak, saya gaktau cara pakai aplikasinya untk jadi software dilaptop pak, mohon bantuannya. terimakasih pak

  82. Mas terima kasih blog nya sangat membantu. Kalau berkenan, kirimkan juga tutorial penggunaan Front4l ke sitikarimah26@gmail.com mas krn saya mengalami masalah yg sama dengan teman2 di atas yaitu kesulitan mentabulasi data agar bisa terbaca oleh software. Kalau bisa saya mau minta contoh file dta dan ins mas. Saya blm berhasil membuatnya. Terima kasih banyak mas.

  83. pak, terimakasih atas blognya, sangat membantu. saya sudah menggunakan frontier dengan data saya pak, namun ketika memasukkannya dengan variabel inefisiensi, delta 0 sampai delta 3 hasilnya 0 pak, itu karena apa pak ya? terimakasih pak

  84. pak, terimakasih atas blognya, sangat membantu. saya sudah menggunakan frontier dengan data saya pak, namun ketika memasukkannya dengan variabel inefisiensi, delta 0 sampai delta 3 hasilnya 0 pak, itu karena apa pak ya? terimakasih pak

    pak, maaf juga sebelumnya, apakah saya boleh minta sosmed bapak, untuk menghubungi langsung? terimakasih pak

  85. assalamualakum.. pak agus. saya mau bertanya. saya sedang mengadakan penelitian tenttang efektivias sebuah bank. apakah software aplikasi WDEA bisa digunakan dalam penelitian ini? jika tidak kebertan saya minta software atau link download untuk software WDEA tolong penjelasnya . bisa d email pandy.dharmawan@gmail.com

  86. saya belum pernah menggunakan WDEA, tapi setahu saya untuk penelitian Pandy mungkin bisa menggunakan DEAP 2.1

  87. pak, saya sudah nge-email kemarin, mohon bantuannya ya pak, terimakasih

  88. Mas, paham step by step pengolahan MaxDEA kah? Sampai sekarang yang Frontier Analyst Banxia ga ada yg free ya? kalau dijual dimana ya?

  89. Selamat malam pak, mau nanya, perhitungan efisiensi dea secara manual menggunakan excel bagaimana ya pak? Atau langkah2 perhitungan manualnya. Soalnya saya sedang mengerjakan tugas ttg efisiensi, kemudian saya mengolah menggunakan program dea. Tetapi, saya ditanya dosen saya bagaimana perhitungan manualnya. Mohon bantuannya pak. Terimakasih.

  90. mas saya masih kebingungan membaca hasil dari DEAP 2.1 dan juga instruksinya,, mohon bimbingannya

  91. Selamat pagi pak, ijin bertanya. Saat menghitung dg DEA, data input yg digunakan ttp menggunakan data asli atau data yg di log? Terimakasih

  92. Selamat pagi mas Jimmy. Data input dan output sebaiknya di log kan atau log natural (ln)

  93. Assalamualaikum, pak gusyun. Saya sedang meneliti mengenai efisiensi teknis menggunakan frontier 4.1. Akan tetapi output yang dihasilkan tidak keluar, atau ukuran outputnya 0 kb. Dan juga laptop saya tidak bisa membuka file dengan extension .dta ataupun .out. Mohon bantuannya pak! Terima kasih. 😊

  94. mas gusyun ada sosmed yg akif nggak supaya gampang komunikasinya soalnya butuh banyak bimbingan

  95. uca adhitia sihotang

    pak tolong kirimkan langkah mengoprasikan front41. ini email saya pak saya bingung. ucaadhitiasihotang@gmail.com

  96. Review yang sangat membantu Pak. terutama untuk pembelajaran efisiensi dan software yang mendukung memang buku ajarnya masih jarang sekali. Sebagai pendukung, jika teman-teman ingin mengetahui cara menggunakan aplikasi DEAP 2.1, silahkan kunjungi
    http://equition.id/?p=3436

  97. Mas, mau tanya, cara membaca hasil (output) frontier 4.1 secara keseluruhan bagaimana ya? Apakah mas punya link yang mudah dipahami? Terima kasih

  98. Selamat pagi pak, perkenalkan saya Aqsha Valentino mahasiswa Ekonomi Pembangunan Undip , saya mendapatkan tugas dari dosen tentang efisiensi memakai DPIN akan tetapi saya terhambat atas interpretasinya pak , tetapi saya sudah me run nya pak, mohon di bantu ya pak🙂 dilihat hasil runnya dan bagaimana interpretasinya

  99. Selamat Sore Pak, Saya ingin mengolah data saya menggunakan metode SFA dengan production function di frontier, tapi outputnya tidak keluar. Untuk format sudah saya ikuti semua, bahkan saya sampai reinstall softwarenya dan mencobanya di PC dan laptop yang berbeda. Itu kira kira kenapa ya Pak?

    • Selamat sore mbak Aida. Output tidak keluar kemungkinan karena: (1) ada kesalahan di dalam memasukkan data ke file data (dta), (2) ada kesalahan perintah pada file instruksi (ins), dan penamaan file terlalu panjang. Berdasar pengalaman, nama file tidak lebih dari 4 huruf.
      Kirim saja alamat email ke gusyun71@gmail.com nanti akan saya kirimkan cara penggunaan front41. Jika bersedia, kirim datanya ke email saya, insya Allah saya bantu.pengolahannya.

  100. Mas Gus yun bagaimana cara melihat hasil esitimasi determinan yang mempengaruhi techincal ienfficency (TIE) menggunakan frontier41?

    • analisis inefisiensi teknis (IT) itu merupakan analisis lanjutan. Pada saat menganalisis efisiensi teknis dgn front41, kita memperoleh nilai TE dari masing2 responden. Dari nilai TE tersebut dapat diperoleh nilai IT dimana IT = 1 – ET. Nilai IT tsb diregresikan dengan determinan menggunakan SPSS

  101. Pak mohon bantuannya. Saya sudah paham dengan hasil yang dikeluarkan software Banxia Frontier, tapi saya bingung dengan cara perhitungan manualnya. Bolehkah saya minta contoh perhitungan manual efisiensi ? perhitungan DEA-CCR input oriented. minta tolong kirim email ke atikadiahningrum@gmail.com terima kasih banyak

  102. Salam Pak Gusyun. Mau tanya pak. Untuk perhitungan DEA menggunakan Lindo, bagaimana cara untuk memberikan solusi apa yang harus ditingkatkan jika ada DMU yg tidak efisien? Saya agak kebingungan pak.
    Mohon Bantuannya. Terima Kasih.

  103. Achmad Fadhil Sabirin

    Sore pak gus, saya sudah mendow load DEAP 2.1, namun pada saat saya ingin menjalankan eg1-ins.txt, muncul permasalahan yaitu invalid decimal character, relativo position error. Bagaimana penyelesaiannya pak gus ? Mohon saya diberikan pencerahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s