Selamat Hari Raya Idul Adha 1432 H

Hari Raya Idul Adha sering juga disebut dengan Istilah ‘Idul Qurban. Kata tersebut bersumber dari dua kata dalam bahasa Arab, yaitu “Id” dari kata “aada – ya’uudu”, yang bermakna “kembali”. Sedangkan kata “Qurban”, berasal dari kata qaraba-yaqrabu, bermakna ‘mendekat’. ‘Qarib’ adalah ‘dekat’, dan ‘Al-Muqarrabuun’ adalah ‘(hamba) yang didekatkan’.

Jadi menurut saya, hakekat dari ‘Idul Qurban bukan pada niat kita untuk membeli, menyembelih, dan membagikan hewan qurban, tetapi pada niat kita untuk mendekatkan diri kepada-Nya (taqorrub ilallah). Sebagaimana firman Allah:

“Dagingnya sekali-kali tidak akan sampai kepada Allah dan tidak pula darahnya, akan tetapi ketakwaanmulah yang akan sampai kepada-Nya. Demikianlah Dia menundukkan mereka untuk kamu, supaya kamu mengagungkan Allah atas petunjuk yang Dia telah berikan kepadamu. Dan berikan khabar suka kepada orang-orang yang berbuat kebaikan. (Al Hajj: 37).

Dalam pelaksanaan ibadah di hari Raya Idul Adha ini, ada tuntunan yang perlu direnungkan, khususnya bagi orang-orang yang berniat untuk melaksanakan ibadah qurban dengan menyembelih hewan qurban:

“Kamu sekali-kali tidak akan sampai pada kebajikan sebelum kamu menginfakkan bagian (harta) yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu infakkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.” (QS Ali Imran 3 : 92)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s