Cerita Silat Kho Ping Hoo

Saya termasuk salah satu penggemar cerita silat (cersil) karangan Kho Ping Hoo. Berikut kutipan informasi mengenai Kho Ping Hoo yang ada di http://id.wikipedia.org/wiki/Kho_Ping_Hoo.

Asmaraman Sukowati Kho Ping Hoo lahir di Sragen, Jawa Tengah, pada tanggal 17 Agustus 1926 dan meninggal pada tanggal 22 Juli 1994 pada umur 67 tahun. Kho Ping Hoo merupakan penulis cersil yang sangat populer di Indonesia dan dikenal luas karena kontribusinya bagi literatur fiksi silat Indonesia, khususnya yang bertemakan Tionghoa Indonesia yang tidak dapat diabaikan. Selama 30 tahun ia telah menulis sedikitnya 120 judul cerita. Walaupun menulis cerita-cerita silat berlatar Tiongkok, penulis yang produktif ini tidak bisa membaca dan menulis dalam bahasa Mandarin. Ia banyak mendapat inspirasi dari film-film silat Hong Kong dan Taiwan. Karena tidak bisa berbahasa Mandarin, Kho Ping Hoo tidak memiliki akses ke sumber-sumber sejarah negeri Tiongkok berbahasa Cina, sehingga banyak fakta historis dan geografis Tiongkok dalam ceritanya tidak sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya. Dari sebab itu, karya Kho Ping Hoo membingungkan bagi yg mengerti sastra atau sejarah Cina. Selain karya-karya yang termuat di artikel ini, masih terdapat karya-karya Asmaraman S. Kho Ping Hoo lain yang merupakan karangan-karangan lepas (satu judul/kisah tamat) baik berlatar belakang Tionghoa maupun Jawa seperti serial Pecut Sakti Bajrakirana dan serial Badai Laut Selatan yang berlatarbelakang masa Kesultanan Mataram Islam dan zaman Airlangga.

Apabila anda juga merupakan salah penggemar cersil Kho Ping Hoo dan ingin mengetahui lebih jauh mengenai biografinya serta ingin mengunduh semua edisi karangan cersilnya, maka anda dapat menemukannya pada banyak blog, situs, maupun website yang ada. Jika anda malas untuk mencari setiap blog, situs maupun website tersebutšŸ˜€, anda dapat langsung klik beberapa tautan di sini, di dieu, nang kene, in this.

One response to “Cerita Silat Kho Ping Hoo

  1. buat yang suka komik lain yang lucu-lucu, lihat di arieskomik.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s